Kamis, 09 Juli 2009

Maleo Phone, Produk TI terbaru


MaleoPhone, Platform Mobile Technology

Merupakan temuan teknologi dari dosen dan mahasiswa teknik informatika FT UMM Indonesia. Sehingga Jurusan Teknik Informatika FT UMM Indonesia patut berbangga, di usianya yang masih mudah, jurusan ini mampu menciptakan mobile-tech. Maleo Phone namanya dan di Launching pada hari Selasa (21/4) di ruang teater Doome UMM. Maleo Phone merupakan hasil kolaborasi jurusan IT dengan PT.IO Soft Nirkabel (PT ION) Surabaya.
Produk ini merupakan platform pengembangan mobile technology yang di design dengan beberapa optimasi digital dan akselerasi tranfer media. Dengan kerangka aplikasi yang ada, pengguna akan merasakan pengalaman baru memanfaatkan piranti genggam yang kaya akan multimedia dan antarmuka yang menyenangkan. "Produk ini merupakan satu-satunya produk mobile-tech yang dibuat oleh Perguruan Tinggi," Ujar Kajur TI Eko Budi Cahyono.
Produk yang ada selama ini lebih banyak entertainmentnya, sedangkan produk ini di rancang untuk edu-tainment. Dengan anggaran riset mencapai Rp 500 Juta, Jurusan TI mampu membuat produk mobile-tech yang tidak kalah canggih dengan produk sejenis. Nama Maleo di ambil dari spesies burung dari Sulawesi dengan tubuh kecil tapi telurnya besar. "Kita berharap, produk ini juga seperti itu", tambahnya.
Maleo-phone di dukung lebih dari 10 format multimedia sehingga pengguna dapat mengakses multimedia secara langsung tanpa kesulitan. Resolusi dan kemampuan processing nya setara dengan komputer PC. Secara fisik produk ini hampir mirip i-phone. Dengan spesifikasi layar anti gores 3.4 "model tipis, camera 3.2 MP, Maleo Phone di lengkapi dengan jaringan WIFI, bluetooth dan jaringan EDGE. pemakai bisa mengakses internet secara mudah. Keluaran pertama ini di produksi perusahaan Shenzen China dengan design chasing, LCD dan lainya dari TI UMM. " Harganya hanya Rp 4,3 juta" Lanjutnya.
UMM sebagai pemegang brand maleo-phone dengan processor ARM11 667MHz dengan 3D berencana mengajukan produk ini untuk mendapatkan hak patent. Selanjutnya jurusan IT yang bekerja sama dengan PT ION Surabaya akan mengembangkan mobile-phone ini atom 20 GB yang pertama hadir di Indonesia.
UMM dan PT ION akan meneruskan kolaborasi riset tahap berikutnya dengan sasaran riset pembangunan kontent media yaitu : mengembangkan peranti lunak sendiri untuk game edukasi, media belajar dan sarana kolaburasi push email. Melalui konsorsium ini di harapkan karya developer media, siswa, SMK, guru, dosen dan mahasiswa dapat di wadahi dan dipasarkan ke pengguna yang membutuhkan. Sekolah dan kampus diharapkan menjadi basis produksi kontent media. Sekolah dan kampus juga diharapkan menjadi jejaring distribusi Maleo-Phone ke masyarakat luas.


6 komentar:

Bryan_Jupiterbiru mengatakan...

Kok ndak disertain foto ponselnya sekalian...??
padahal pengen liat bentuk nya maleo phone nih..
salam kenal,Bryan.Sistem Informasi Its.. :D

cHa mengatakan...

Assalamualaikum,,
Wahh...maaf deh..wkt itu lom tertera foto mobile phone ini sendiri. Insyaallah, nanti dilengkapi kok ;)

Bryan_Jupiterbiru mengatakan...

Walaikumsalam..
ooh,gitu..ya deh cha' ditunggu yah.. :D
cha,bisa minta email address fesbuk nya?biar jawab nya lbih cpet,juga tambah tmen..mungkin bisa share informasi2 trbaru..hehehegz..tengkyu cha' :)

cHa mengatakan...

oke deh bananas ;)
fb :: ka_putri9634@yahoo.com
di req yah???
yupsssss!

Prodi Animasi SMKN 5 Malang mengatakan...

salut buat UMM yang telah mengembangkan Maleo-phone, kami smkn 5 malang tadi siang mengikuti konsorsium maleo-phone. Dan kami akan ikut serta sebagai salah satu penyedia film animasi. Berita konsorsium baca selengkapnya di http://jagadanimasi.wordpress.com

otipati mengatakan...

siapa saja mahasiswa yg bikin tu?